SBMPTN 2015

Bagi sahabat yang berniat untuk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi Negeri terutama lulusan SLTA tahun 2014 dan 2013 kita masih berkesempatan untuk mengikuti SBMPTN.

Apa itu SBMPTN..?

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan salah satu jalur masuk menuju perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh pemerintah dan dilakukan serentak seluruh Indonesia.

SBMPTN

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Jalur masuk ke perguruan tinggi awalnya adalah SNMPTN yang terbagi menjadi dua, yakni SNMPTN undangan (PMDK) dan SNMPTN tertulis namun 2013 kemarin SNMPTN Undangan berganti nama menjadi SNMPTN dan SNMPTN Tertulis berganti nama menjadi SBMPTN. Beda halnya dengan SNMPTN atau seleksi melalui nilai raport, jalur masuk ini dilaksanakan melalui jalur tes tulis yang biasanya diselenggarakan sekitar bulan juni atau setelah hasil SNMPTN diumumkan. Peserta SBMPTN adalah siswa lulusan baru SLTA dan maksimal tiga tahun setelah kelulusan.

Dalam SBMPTN peserta dibagi menjadi tiga kelompok peserta,
pertama Kelompok IPA
kedua  Kelompok IPS
ketiga Kelompok IPC (campur)

Pengelompkan tersebut disesuaikan berdasarkan Jurusan atau Fakultas dimana kita mendaftar di PTN.

Sekian Informasi mengenai SBMPTN dari saya. Bagi yang akan mengikuti SBMPTN 2015 semoga lulus di PTN yang diinginkan. Aamiin

Terimakasih

Salam sukses sahabat.

Tinggalkan komentar