Masuk Perguruan Tinggi Negeri Agama Islam

Bagi sahabat yang akan lulus SLTA tahun 2015 dan ingin melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi Negeri, saya ingin berbagi informasi mengenai beberapa jalur masuk perguruan tinggi di Indonesia.

Mungkin sedikit yang tahu bahwa jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri itu tidak hanya SNMPTN dan SBMPTN saja. Khusus untuk masuk Peguruan Tinggi Agama Islam, Pemerintah telah menyediakan jalur masuk menuju Perguruan Tinggi Negeri  yang  diselenggarakan oleh Kementerian Agama yakni SPAN-PTKIN dan UM-PTAIN.

KA

“SPAN-PTKIN  merupakan pola seleksi nasional oleh Kementerian Agama untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang berprestasi akademik tinggi dari siswa-siswi SMA, SMK, MA, MAK, atau Pesantren Mu’adalah agar memperoleh pendidikan tinggi di Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), atau Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) di seluruh Indonesia berdasarkan nilai rapor dan prestasi lainnya. Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.”

jika SPAN-PTKIN merupakan jalur seleksi melalui nilai raport maka beda halnya dengan UM-PTAIN. UM-PTAIN yakni pola jalur seleksi penerimaan yang dilakukan melalui jalur tes, pola penerimaan ini sama seperti SBMPTN namun pola penerimaan mahasiswa ini di khususkan untuk PTAIN (Perguruan Tinggi Agama Islam) dan  biasanya diselenggarakan sekitar bulan Juni-Juli.

Jangan sampai lupa dan kelewat

pendaftaran SPAN-PTKIN akan mulai dibuka dari tanggal 28 Februari 2015

berikut jadwal penting SPAN-PTKIN

jadwal seleksi PTAIN

Untuk Informasi Penting lain SPAN-PTKIN kunjungi http://www.span-ptkin.ac.id/

Sekian informasi dari saya
Terimakasih

salam sukses sahabat.

Tinggalkan komentar